Design UI/UX
- Kategori Lomba : Desain UI/UX
Penjelasan : Lomba Design UI/UX LO KREATIF 2022 ini merupakan lomba untuk mendesain antarmuka (interface) sebuah sistem ataupun aplikasi yang merujuk pada tema “Mewujudkan Inovasi Kreatif Anak Bangsa Untuk Merdeka Belajar”. Desain antarmuka yang di lomba kan harus memenuhi beberapa persyaratan utama yaitu memberikan kenyamanan, sederhana sehingga mudah dimengerti oleh User dan didesain dengan sangat informatif sesuai dengan kebutuhan User. - Ketentuan Lomba:
- Karya yang diusulkan merupakan orisinil peserta, belum pernah diikutsertakan LO Kreatif 2022 44 dalam kompetisi sejenis, dan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk
apapun. - Mendukung salah satu poin Sustainable Development Goals (SDGs).
- Jika desain sistem/produk adalah desain karya inkremental/karya yang sedang dikembangkan, peserta harus menjelaskan di acara apa karya tersebut diikutsertakan dan pembaharuan desain karya ini dengan sebelumnya.
- Karya tidak boleh mengandung unsur pornografi, SARA, sadisme atau hal-hal
yang bersifat merendahkan atau melecehkan pihak lain - Desain sistem/produk dapat dikembangkan di atas platform desktop, web,
maupun mobile. - Desain sistem/produk mampu mengembangkan solusi yang tepat berdasarkan
tema yang ditentukan. - Setiap kelompok membuat rancangan antarmuka aplikasi mobile
(Android/iOS) atau web (pilih salah satu) sesuai dengan objek yang ditentukan. - Software yang digunakan untuk merancang UI/UX bebas.
- Karya yang diusulkan merupakan orisinil peserta, belum pernah diikutsertakan LO Kreatif 2022 44 dalam kompetisi sejenis, dan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk
No | Kriteria Penilaian | Bobot |
---|---|---|
1 | Metodologi | 10% |
Metodologi yang digunakan dalam mendefinisikan permasalahan dan solusi, serta proses bagaimana menemukan ide dan solusi tersebut. |
||
2 | Aspek Inovasi | 20% |
3 | Desain | 30% |
Desain antarmuka perangkat lunak, kemampuan untuk digunakan (usability), dan pengalaman pengguna (user experience) dalam menggunakan perangkat lunak. |
||
4 | Dampak | 40% |
Dampak yang diharapkan melalui penggunaan perangkat lunak terhadap pengguna atau masyarakat (lingkungan sekitar pengguna) dan potensi penggunaan sehari-hari. |
No | Kriteria Penilaian | Bobot |
---|---|---|
1 | Tema | 30% |
Kesesuaian karya atau ide sesuai dengan tema yang ditetapkan. |
||
2 | Komunikasi dan Presentasi | 20% |
(Peserta mampu menyampaikan ide dan karya yang dibuat dengan jelas. |
||
3 | Nilai Estetika | 20% |
Peserta dapat memaparkan karya dan ide dengan tampilan yang menarik. |
||
4 | Kualitas | 20% |
Kejernihan kualitas karya peserta |
||
5 | Sesi Tanya Jawab | 10% |
Peserta dapat menjawab pertanyaan juri dengan jelas. |